beras-basmati-bermanfaat-untuk-menjaga-kesehatan-j

Apa sih beras basmati itu, beras basmati bersal dari negara india/pakistan ,beras basmati berasal dari bahasa sanskerta ‘basmati’ artinya berarti harum atau wangi dalam bahasa india ia juga mempunyai maksud”soft rice” yaitu lembut.

Seperti pada umumnya beras, beras basmati juga mempunyai dua jenis, bersa putih dan beras coklat ,Setelah dimasak menjadi nasi barulah keunikan beras ini terlihat. Beras ini akan melar memanjang butiran, sedikit pera, mudah terurai butiran berasnya dan aromanya sangat harum, beras ini memang aromanya sangat harum. Keistimewaan lainnya, butiran atau buliran beras ini panjang dan kecil melebihi ukuran beras yang biasanya agak pendek dan montok.

Berdasarkan uji laboratorium, beras basmati mengandung 0.09 bagian 2- acetyl-1-pyrroline per juta, yaitu 12 kali lebih dari konsenstrasi pada beras biasa. Karena secara alami wangi makan beras ini tak bisa ditandingi aromanya dengan beras lain.

APAKAH ANTARA CIRI-CIRI UTAMA BERAS BASMATI?

  1. Lebih lama disimpan lebih tinggi kualitinya seperti juga wine, rasanya lebih sedap, mengeluarkan aroma bauan yang lebih istimewa dan lebih cantik setelah dimasak
  1. Menjadi lebih ringan, gebu dan lebih lembut daripada beras putih setelah dimasak;
  1. Mempunyai aroma kewangian yang unik;
  1. Mempunyai kepanjangan yang luarbiasa;
  1. erupakan jenis beras yang termahal didunia dan menjadi keutamaan dan sanjungan kalangan bangsawan dunia sejak dahulukala.
  1. Nasi berstruktur sebiji-sebiji/berderai (tidak bercampur aduk) setelah dimasak;

Fakta Nutrisi Beras Basmati

Beras Basmati ini mengandung korbohidrat, protein, sedikit lemak, serat, vitamin, dan mineral. Beras ini mengandung 283 kalori setiap 200g. Berikut ini nutrisi lengkap yang tersusun dari 200g beras Basmati.

 

Nutrisi Jumlah
Karbohidrat 52 g
Protein 5 g
Lemak 0.44 g
Serat 3 g
Besi 1.9 mg
Tiamin 0.26 mg
Niacin 2.3 mg
Selenium 11.8 mcg

 

Beras Basmati warna coklat lebih bernutrisi dibandingkan dengan beras basmati putih karena proses pengolahannya yang singkat tanpa menghilangkan kulit ari. Inilah alasanya mengapa jenis beras Basmati coklat lebih banyak mengandung vitamin B dan serat daripada beras Basmati putih.

Kasiat untuk kesehatan

  1. Pada beras basmati menagandung kolesterol yang kecil untuk menjaga kesehatan jantung ,
  1. Mengandung serat yang baik, dari 200g beras coklat basmati didapati 7,8g serat berguna untuk pencernaan terutama yang memiliki masalah obesitas dan diabetes sekaligus menstabilkan gula darah mengurangi keluarnya kadar gula dalam aliran darah
  1. Dengan memakan beras basmati, beras merah ataupun beras coklat, maka rasa lapar akan muncul lebih lama, sehingga menghindari anda untuk mengemil sehingga dapat menghindari kegemukan