Apakah bunda sudah mendekati tanggal persalinan? Selain menyiapkan mental agar tidak panik, bunda perlu menyiapkan perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit atau bidan. Ingat ya bunda, bahwa tidak semua prediksi hari perkiraan lahir itu selalu tepat, jadi bunda dan ayah harus siaga . Siapkan tas yang berisi perlengkapan untuk persalinan sehingga saat bunda melahirkan tas tersebut tinggal dibawa.

Nah, sebenarnya apa saja yang harus dipersiapkan dan wajib dibawa dalam tas? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Kain panjang yang bermanfaat untuk membantu bunda merasa nyaman saat melahirkan.
  2. Siapkan baju sehari-hari untuk di rumah sakit dan baju saat meninggalkan rumah sakit. Pilih yang berbahan nyaman dengan model kancing depan untuk memudahkan bunda saat menyusui.
  3. Pakaian dalam seperti BH Menyusui, celana dalam, dan korset yang nyaman.
  4. Perlengkapan mandi, handuk, sabun, pasta gigi dan sikat gigi.
  5. Pembalut nifas, meskipun beberapa rumah sakit bersalin menyiapkan tidak ada salahnya bunda membawanya dari rumah. Sst, setiap ibu memiliki selera yang berbeda dalam memilih pembalut.
  6. Alas kaki yang nyaman, hindari memakai hak yang terlalu tinggi.
  7. Perlengkapan bayi, baju bayi, bedong, topi dan sarung tangan dan kaki bayi serta selimut bayi.
  8. Dokumen yang dibutuhkan copy KTP, surat nikah dan Kartu Keluarga serta kartu asuransi dan buku ibu hamil.
  9. Uang tunai secukupnya, terutama untuk beli-beli minuman dan camilan di rumah sakit.

nah bunda,  demikian hal apa saja yang perlu dibawa dalam tas yang akan dibawa ke rumah sakit saat menyiapkan persalinan. Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Ayu Puji Lestari /