(13/9/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum, sahabat as shidiq aqiqah.

Bayu Terbangun dan kaget karena meras.akan seluruh bajunya basah. “Air apa ini ?” Ujar Bayu sambil mengendus-ngendus hidungnya dan tersadar kalau itu adalah air seni si Baim, adiknya yang ternyata mengompol. Begitulah, hampir setiap malam tidak pernah absen mengompol ditempat tidur.

Dari contoh percakapan singkat diatas, Apakah ayah dan bunda sedang mengalami hal yang serupa?

Cara untuk mengatasinya Ayah dan Bunda. Ambil capung dan digigitkan saja ke pusarnya. hehehe… bercanda. Yang pertama Ayah dan Bunda jangan langsung memarah-marahi si kecil. Ayah Eddy, salah satu pakar parenting Indonesia mengatakan ada salah satu cara yang ayah dan bunda lakukan agar anak tidak mengompol. Ayah dan Bunda jangan memberikan minum si kecil dua jam sebelum tidur. Selain itu, biasakanlah anak untuk buang air kecil sebelum tidur.

Kemudian dikutip dari hellosehat, Hindari minuman yang bisa merangsang buang air kecil. Mungkin masih banyak Ayah dan Bunda yang tidak menyadari, bila ada beberapa minuman yang anak konsumsi bisa memicu kencing sebelum tidur. Coba hindari memberikan minuman pada anak seperti cokelat hangat, susu coklat, dan teh sebelum tidur. Minuman tersebut adalah minuman berkafein, di mana kafein mengandung diuretik yang bisa memicu Anda untuk buang air kecil.

Nah Ayah dan Bunda… semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya.. Insya Allah Aamiin..

 

Referensi

Ayah Eddy. 2012. “Ayah Eddy Menjawab”.  Jakarta Selatan : Noura Books.