Hendaknya  dalam mengkonsumsi makanan ini seseorang harus mengatahui  tentang aturannya, tidak hanya  mengetahui bahwa  makanan dan minuman merupakan modal yang sudah menjadi  kebutuhan penting bagi setiap manusia sebagai penambah kekutan dan perkembangan dalam tubuh kita, namun seseorang juga harus mengatahui aturan apa apa saja yang bisa di lakukan ketika makan atau setelah makan yang bisa mengakibatkan penyakit  akibat dari ketidak tahuan misalkan seperti halnya lansung mandi setelah makan .

Perlu kita ketahui bahwa setelah makan lansung mandi dapat menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh di antara nya ialah pada kinerja  organ  yang ada dalam tubuh, dan tentu Kinerja dari organ tubuh akan terganggu sehingga akan berimbas pada gangguan kesehatan seperti berikut ini :

  1. Terganggunya Sistem Pencernaan dan Fungsi Lambung

Habis makan langsung mandi tentunya akan menyebabkan berkurangnya volume aliran darah pada saluran pencernaan. Hal ini diakibatkan oleh mendadaknya perubahan suhu tubuh yang diakibatkan mandi yang dilakukan setelah makan tanpa disertai jeda waktu tertentu terlebih dahulu. Tubuh akan mengalami kenaikan suhu setelah makan sehingga dalam kondisi tersebut akan menyebabkan turunnya suhu tubuh secara mendadak jika kita langsung mandi. Jika hal ini terjadi secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama makan kinerja dan fungsi lambung akan melemah serta sistem pencernaan tubuh akan terganggu.

  1. Melemahnya Proses Pencernaan

Bahaya Habis Makan Langsung Mandi yang pertama adalah mengganggu kesehatan pencernaan. Ketika habis mandi kita langsung mandi maka yang terjadi yakni darah akan mengalir ke penghujung tubuh. Aliran darah ini akan menuju kepada ujung – ujung kaki dan tangan secara cepat. Hal ini akan menyebabkan aliran darah yang seharusnya menuju ke bagian atau organ tubuh lain terbatasi. Dampak lain dari terganggunya proses mengalirnya darah ke organ tubuh yakni akan berimbas pada melemahnya proses pencernaan.

  1. kram pada Perut

Ketika kita usai mengkonsumsi makanan, pada umumnya sebagian besar volume darah akan terkonsentrasi menuju ke organ digestive atau saluran pencernaan. Hal ini bisa kita amati dengan menghangatnya  bagian perut kita dibandingkan bagian tubuh lainnya. Dalam kondisi seperti ini jika langsung mandi maka akan terjadi proses pendinginan suhu tubuh secara mendadak melalui pori – pori kulit. Terutama apabila mandi dilakukan menggunakan air dingin. Tubuh akan merespon perubahan suhu secara tiba – tiba tersebut dengan terjadinya kram pada bagian perut. Timbulnya kram pada bagian perut ini disebabkan oleh kekejangan otot

  1. Sirkulasi Darah Terganggu

Darah didalam tubuh akan terkumpul pada sistem pencernaan setelah kita mengkonsumsi makanan atau minuman. Apabila dalam kondisi tersebut kita langsung mandi tanpa memberikan jeda waktu setelah makan akan menyebabkan mengembangnya pembuluh darah didalam tubuh. Hal ini akan berakibat darah mengulangi kembali fungsi kerjanya didalam tubuh yang menyebabkan sirkulasi darah pada bagian sistem pencernaan terganggu.

  1. Bertambah Gemuk / Obesitas

Habis makan langsung mandi juga akan menyebabkan tubuh bertambah gemuk dengan perut yang membuncit. Hal ini disebabkan terganggunya proses metabolism  yang bertugas menyerap dan mengolah makanan. Suhu tubuh yang berubah menjadi dingin secara mendadak ketika mandi akan menyebabkan lambung tidak mampu mencerna makanan dengan optimal. Apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama maka semua makanan yang kita konsumsi tidak akan tercerna oleh lambung dengan baik. Alhasil tubuh kita akan menjadi lebih gemuk serta perut membuncit. Untuk itu sebaiknya kita meluangkan waktu setelah makan agar tidak langsung mandi. Tunggulah sekitar 30 menit setelah makan, setelah itu maka tubuh kita siap menerima perubahan suhu melalui pori – pori kulit ketika mandi.

  1. Tersumbatnya Aliran Darah (Pemicu Stroke)

Pada umumnya kita akan merasa gerah setelah makan, hal ini karena proses metabolisme seperti penyerapan pengolahan serta mengalirkan zat –  zat yang terkandung pada makanan akan meningkatkan suhu tubuh secara signifikan. Ketika setelah makan langsung mandi maka akan memberikan efek kejut pada permukaan tubuh. Saraf yang terdapat pada permukaan kulit akan menjadi dingin secara mendadak. Selain itu aliran darah didalam tubuh juga tidak berkerja secara optimal. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka akan memicu terjadinya kerusakan permanen pada pembuluh darah. Kerusakan ini nantinya akan berdampak pada gejala stroke yang diakibatkan oleh tersumbatnya aliran darah.

Semoga dari membaca artikel ini anda dapat merubah pola hidup yang lebih sehat , yang tentu nya tidak  mandi lansung setelah makan !!!