Tidak terasa bayi bunda telah bertambah besar dan  Pada usia ini bayi senang duduk bermain di lantai dan mencoba berbagai posisi tubuh, menggenggam dan kemampuan bersosialisasi akan mengalami banyak perubahan di usia ini , serta melihat keadaan di sekelilingnya, Juga sangat penting  Kebutuhan  makan si bayi . usia enam bulan adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan bayi kepada makanan padat. Pada usia ini, sistem pencernaan bayi telah siap mengolah makanan padat dan rieiko alergi serta infeksi telah menurun.

Namun yang perlu anda ketahui juga ialah  beberapa tanda yang harus diamati, ketika bayi sudah bisa menerima makanan padat. Beberapa tanda tersebut adalah:

  1. Bayi Anda sudah bisa menegakkan kepala dengan baik tanpa perlu dibantu orang dewasa. Hal ini menandakan jika saluran pencernaan atas sudah bisa bekerja dengan baik dan bayi bisa menelan makanan semi padat tanpa masalah.
  2. Pastikan bayi Anda sudah bisa duduk semi tegak ketika bersandar di kursi. Kemampuan bayi pada bagian punggung dan perut sudah berkembang dengan baik sehingga bayi bisa menerima makanan. Perkembangan ini juga bisa menunjukkan jika organ pencernaan bayi sudah siap menerima makanan padat.
  3. Bayi Anda memang sudah tertarik dengan makanan lain terutama selain ASI dan susu formula. Anda bisa mencobanya dengan memberikan makanan padat di depan bayi. Ketika bayi sudah mulai membuka mulut dan tertarik dengan makanan tersebut, berarti bayi siap menerima makanan. Jangan pernah memaksa memberikan makanan padat ketika bayi tidak siap.
  4. Ketika bayi Anda diberikan makanan semi padat, maka bayi berusaha untuk mengunyah pelan meskipun belum memiliki gigi. Kemudian bayi akan mulai menelan makanan dengan baik tanpa tersedak atau merasa kesulitan.

Jadi ini waktu yang tepat untuk memberikan makanan semi padat.

Bayi berusia 6 bulan yang diberikan ASI dan makanan tambahan berpotensi tumbuh menjadi anak hebat. Anak hebat itu pintar tidak hanya dari sisi intelegensi (IQ) semata, namun juga pintar dari sisi emosional (EQ) seperti memiliki rasa peduli terhadap sekitar dan cepat tanggap saat mendapat informasi baru dari lingkungan.

Nah, pasti Ibu ingin si kecil tumbuh jadi anak hebat, kan? Karena itu, penuhi semua kebutuhan nutrisi harian sejak dini secara terjadwal. MPASI ini bisa berupa makanan lembut agak cair seperti bubur susu, bubur buah maupun bubur sayuran dan yogurt. Walaupun begitu bukan berarti  anda berhanti memberikan Bayi ASI Karena makanan tambahan tersebut sifatnya hanya untuk mendampingi atau melengkapi nutrisi si kecil ketika pencernaannya sudah siap mengolah makanan. Jadi ASI harus tetap di beriakan sampai bayi usia 2 tahun

Baca contoh di bawah ini bila ibu masih bingung mengenai jadwal makan bayi 6 bulan. Ingat untuk mecoba memberikan satu kali makanan dahulu pada awal perkenalan, selipkan di jam makan keluarga. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan menjadi 2 kali sehari dan akhirnya 3 kali sehari.  Contoh jadwal makan bayi 6 bulan:

  1. 06:30 = Saatnya bayi bangun tidur, dan Anda bisa memberikan ASI atau susu formula.
  2. 07:45 = Anda bisa memberikan makanan semi padat sebagai sarapan untuk bayi. Makanan semi padat membantu membuat perut bayi menjadi lebih nyaman.
  3. 08:30 = bayi Anda sudah merasa kenyang dan Anda bisa mengajak bayi untuk tidur pagi. Biasanya paling lama bayi akan tidur selama 1 jam.
  4. 10:00 = Anda bisa kembali memberikan ASI atau susu formula. Bayi Anda menerima susu pada jam ini seperti ketika orang dewasa mengkonsumsi camilan.
  5. 11:30 = Bayi Anda bisa kembali tidur, antara 30 hingga 45 menit.
  6. 13:00 = Bayi Anda bisa kembali diberikan ASI atau susu formula.
  7. 14:00 = Bayi Anda bisa kembali tidur, antara 30 hingga 45 menit. Terkadang waktu tidur bayi lebih lama jika mereka merasa sangat lelah setelah bermain.
  8. 16:00 = Saatnya memberikan ASI atau susu formula. Beberapa bayi juga mulai minta makan malam dan Anda bisa memberikan makanan semi padat.
  9. 16:30 = Ajak bayi untuk bermain bersama keluarga. Bermain bisa membantu bayi meningkatkan fungsi motorik dan sensorik sesuai perkembangan bayi.
  10. 17:00 = Saatnya memberikan makan malam untuk bayi. Anda bisa memberikan makaan semi padat agar bayi bisa merasa lebih kenyang.
  11. 18:30 = Bayi bisa diajak bermain sebentar sebelum mereka mulai mengantuk dan tidur.
  12. 19:00 = Waktunya bayi untuk tidur malam. Anda bisa memberikan ASI atau susu formula agar bayi bisa tidur lebih nyenyak.

Bayi yang sudah masuk usia 6 bulan bisa merasa lebih puas ketika diberikan makanan semi padat. Namun semua bayi memiliki karakter yang berbeda. Semua bayi bisa saja kembali meminta ASI atau susu formula selama 1 hingga 2 kali sepanjang malam.

Usahakan untuk mengenalkan beragam jenis makanan, buah atau sayur pada bayi untuk mendukung asupan nutrisi sang buah hati seperti protein, Kalsium, Zin, zat besi, vitamin A dan vitamin C serta folat.

Contoh Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi

Metode paling baik untuk memperkenalkan MPASI pada bayi adalah memberinya bubur saring dasar yang terdiri dari 1 jenis nutrisi, misalnya karbohidrat saja. Berikut adalah beberapa menu MPASI bayi 6 bulan yang dapat ibu berikan pada jadwal makan bayi 6 bulan:

  • Bubur Pure Pisang (dan buah lainnya)

Bahan yang diperlukan adalah 50 gram pisang ambon yang sudah dikupas dan dipotong serta 30 ml atau 2 sdm ASI.

Cara memasaknya hanya memblender pisang tersebut dengan ASI

Ibu  juga dapat mengganti buah pisang dengan buah lainnya seperti pepaya, alpukat dan apel. Ingat untuk mengecek konsistensi makanan agar tidak terlalu padat.

Jika Ibu memberikan MPASI pada bayi usia 6 bulan sesuai jadwal, Ibu akan lebih mudah membentuk pola makan secara rutin untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan mentalnya.

Ayo Bu, dukung si kecil jadi anak hebat dengan memberikan MPASI sesuai jadwal ya…