(28/11/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Kata Radikal hari ini sering dilekatkan dibelakang kata islam, yakni Islam Radikal.

Patut diketahui bahwa istilah Radikal ini sendiri muncul bukan dari dalam tubuh kaum muslimin. Melainkan perspektif barat dalam memandang islam.

Berbicara masalah Radikal.. Apakah makna dari kata Radikal itu sendiri sebetulnya?

Kata radikal berasal dari kata radix. Secara literal bermakna akar. Merujuk pada aktifitas berpikir mendalam, hingga ke akar persoalan. Lawannya adalah pemikiran mendangkal.

Dalam dunia filsafat, sifat radikal merupakan salah satu syarat untuk menghasilkan produk pemikiran yang luar biasa. Pemikiran yang  out of the box, berdiri melampaui zamannya.

Dalam kamus KBBI pun, kata radikal artinya maju dalam berpikir atau bertindak.

Jika makna tersebut dilekatkan pada kata Islam, bisa jadi makna islam radikal adalah islam yang berpikir mendalam hingga mencapai akar persoalan. Sehingga pemikiran itu akan menghasilkan solusi-solusi tuntas atas persoalan yang dipikirkan.

Dalam Kisah Sirah Nabawiyah, Rasulullah pun sebagai seorang nabi bukan orang yang sibuk menyendiri dan merenung. Tetapi juga turun menjadi pemimpin negara. Serta menerapkan syariat islam sebagai landasan konstitusinya.

Namun, common sense yang dibentuk oleh barat atas islam ini telah bergeser menjadi  term negatif. Term islam radikal sering dibenturkan dengan kata intoleran, sara dan semacamnya.

Yang artinya bahwa muslimin yang memiliki kesadaran politis tinggi untuk mendaulatkan pentingnya nilai-nilai keislaman pada level negara itu adalah tindakan intoleran, anti bhinneka dan lain sebagainya.

Namun, karena frase islam radikal ini sudah bergeser dari makna seharusnya, maka kita akan dihadapkan suatu keadaan dimana seorang muslimin yang telah memiliki kesadaran mendalam dicap sebagai radikal. Ya, Sebab itulah tujuan barat dari dahulu, membentuk islam sesuai dengan cita rasa mereka.

Referensi

Riw, Doni, 2018. “Beyond Radical”. ArtCiv : Yogyakarta.

https://www . obsessionnews . com/sorot/islam-moderat-atau-islam-radikal/

https://kbbi . web . id/radikal