31/10/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Di zaman modern ini, banyak kasus seseorang  minum sambil berdiri. Banyak orang dengan santainya melakukan hal itu dan menganggap bahwa hal itu tidak menjadi masalah.Padahal  Rasulullah  sejak dahulu memperingatkan umatnya, bahwa makan dan minum sambil berdiri membuat seseorang itu berbahaya. Rasulullah bersabda, “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim no. 2026).

Dalam hadits lain disebutkan,

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024).

Dahulu sahabat melakukan minum atau makan sambil duduk dikarenakan taatnya mereka dengan Nabi Muhammad. Tetapi di zaman modern ini, ternyata larangan makan atau minum sambil berdiri mempunyai hikmah. Apa hikmahnya? Berikut penjelasannya :

Dilansir dari Wellordie.com, minum sambil berdiri dapat menyebabkan penyakit seeperti :

1. Memicu arthritis

Penyakit arthritis disebabkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara bebas.

2. Naiknya asam lambung

Jika kita sering minum pada posisi berdiri, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah bagian lambung. (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD atau bisa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju ke lambung.

Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut.

Selain itu minum berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung dapat berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

3. Merusak ginjal

Minum berdiri juga dapat berbahaya bagi ginjal karena penyaringan yang tidak sempurna dapat merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Hal ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

4. Saraf tegang

Hal buruk lainnya yang dapat terjadi ketika anda minum berdiri adalah tegangnya urat saraf. Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga kesimbangan. Namun jika Anda minum saat duduk dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Minum air memang bagus untuk kesehatan namun harus didampingi dengan kebiasaan cara minum yang baik untuk menghindari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Itulah hikmah dilarangnya minum sambil berdiri. Ketika Allah dan RasulNya melarang sesuatu pasti meninggalkan hikmah.Beruntunglah kita Ayah-Bunda lahir sebagai seorang muslim, sebab islam more than a religion but  way of life. Islam lebih dari sekedar dari agama tetapi juga gaya hidup. Tidak akan kita temui agama manapun yang betul-betul mengatur seluk beluk kehidupan manusia secara spesifik kecuali islam.

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. 🙂