(12/9/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum, sahabat as shidiq aqiqah.

Tahukah sahabat bahwa ada banyak amalan-amalan ringan didalam islam tapi memiliki keutamaan ataupun balasan  yang besar? Mengapa penulis mengatakannya ringan? karena amalan-amalan tersebut sangat sederhana, tidak membutuhkan biaya besar, dan dapat dilakukan dalam waktu singkat yang penting dilakukan dengan benar dan istiqomah. Nah… Lalu apa sih salah satu amalan ringan itu?

Ya, di antara amalan ringan itu adalah membaca doa setelah wudhu.  Hanya dengan membaca doa, amalan yang sangat sederhana, bukan? Apalagi doa ini termasuk pendek dan mudah dihafalkan, insya Allah. Yang penting kita mampu mengamalkannya dan merutinkannya hingga mati.

Dalam sebuah hadits Rasulullah pernah bersabda,

“Tidaklah seseorang di antara kalian berwudhu dan membaguskan wudhunya, kemudian setelah berwudhu dia mengucapkan doa: ‘Asyhadu an laa ilaaha illalaahu wahdahu la syariika lahu, wa anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu (Aku bersaksi, bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan rasulNya) ‘, melainkan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang delapan, dia boleh masuk dari pintu mana saja yang dia inginkan.” (HR Abu Daud : 145, Shahih Menurut Muhammad Nashiruddin Al Albani)

Sederhana, bukan sahabat 🙂 ? Itulah baiknya Allah kepada kita,  sederhana amalannya namun   berlipat ganda ganjarannya. Tetapi ingat dalam mengamalkan doa tersebut kita harus memperhatikan adab-adab wudhu yang baik dan benar terlebih dahulu sehingga akan sempurnalah balasan dari amal perbuatan tersebut.

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat ya sahabat. Insya Allah.. Aamiin…