Assalamualaikum ayah bunda sahabat As Shidiq, apakah si Kecil kita jadi mudah sakit saat musim hujan tiba? pada umumnya hal ini disebabkan oleh udara yang lembab, tuh bunda.

Ya, udara lembab memudahkan virus dan bakteri tumbuh dan berkembang, Tidak aneh jika kemudian si Kecil jadi lebih mudah terserang berbagai penyakit di musim hujan. Untuk mencegahnya, mari kita simak beberapa tips menjaga kesehatan si Kecil saat musim hujan.

1. Masak Air Minum

Langkah menjaga tubuh si Kecil agar tidak dehidrasi tentu penting untuk dilakukan, apalagi saat musim hujan. Udara dingin kadang membuat malas untuk mengkonsumsi air minum, sehingga kebutuhan cairan tubuh pun jadi tak terpenuhi. Namun, pastikan air minum yang ia konsumsi aman untuk tubuhnya dengan memasaknya terlebih dahulu, setidaknya dengan suhu 100 derajat Celcius. Cara ini dinilai dapat membunuh bakteri patogen penyebab berbagai penyakit. Selain memasaknya, water purifier juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga air minum si Kecil bebas dari bakteri.

2. Memakaikan Pakaian yang Hangat

Selain memberikan makanan seperti sup atau minuman hangat, memakaikan si Kecil pakaian yang tepat juga bisa menjaga tubuhnya dari udara dingin di musim hujan. Jenis pakaian dengan bahan wol bisa bunda pilih untuk dipakaikan pada si Kecil. Saat ia tidur, jangan lupa juga untuk memakaikannya selimut agar tubuhnya tetap hangat ya, bunda.

3. Awasi si Kecil saat Bermain di Luar Rumah

Saat musim hujan, bunda tetap bisa kok mengajak si Kecil bermain di luar rumah. Namun agar tidak terserang penyakit, selalu awasi si Kecil agar tidak bermain di area berlumpur dan memiliki genangan air, ya. Sebab, area tersebut merupakan tempat strategis berkembangnya virus dan bakteri penyebab penyakit musim hujan. Selain itu, pastikan si juga Kecil mengenakan sepatu tertutup saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah paparan kotoran yang mengandung berbagai jenis kuman dan bakteri.

4. Cegah si Kecil dari Gigitan Nyamuk

Hujan identik dengan genangan air, membuat perkembangan nyamuk semakin meningkat. Jika dibiarkan, si Kecil pun berisiko terserang penyakit demam berdarah yang biasa disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Guna menghindarkannya dari gigitan nyamuk; mengoleskan lotion anti nyamuk yang aman untuk anak bisa dijadikan pilihan. Selain itu, jaring / kawat anti nyamuk juga bisa ayah bunda gunakan saat si Kecil tidur.

5. Memberikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Dalam  memberikan asupan si Kecil pilihlah yang mengandung kaya nutrisi agar dapat memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dari dalam, Sehingga aktivitas ayah bunda dan si Kecil tidak ada kendala.
Contoh asupan tambahan  ini biasanya yang alami adalah, Madu, atau vitamin yang mengandung  Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, serta Zink, Zat Besi, dan Selenium.

6. Jaga seluruh anggota keluarga agar tetap sehat

kadang ini sering dilupakan, ayah bunda sibuk dengan mengurusi kesehatan si Kecil, tetapi kerap lupa akan kesehatannya sendiri. Maka ayo sama-sama menjaga kesehatan  agar tidak saling tular menularkan penyakit sesama anggota keluarga.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ayah bunda sahabat as shiddiq aqiqah lakukan agar si Kecil tetap sehat saat musim hujan.

wassalamualaykum warahmatullah wabarakatuh