Dalam memilih sesuatu untuk si kecil, misalnya mainan, bisa jadi Anda mementingkan sisi estetika. (Yang penting lucu, kan?) Ternyata, si kecil punya kriteria lain (bahkan jadi kecenderungan alias bawaan dari lahir di kelompok bayi baru lahir).  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perkembangan bayi o-2 tahun, diantaranya :

  1. Wajah Ibu

Saat bayi tidak tidur, mereka menghabiskan banyak waktu dengan menatap muka ibu. Jarak terbaik adalah jarak fokus yang dapat dijangkau oleh mata bayi saat bermain atau menyusu yaitu pada 20-30 cm. Pada usia 2 bulan, bayi dapat mengenali muka dan mulai merespon senyuman. Sangat menyenangkan saat bayi pertama belajar mengenai wajah melalui bentuk rambut, dahi atau kepala. Semakin lama, mereka belajar untuk mengenai mata, hidung dan mulut. “Makes your funny expressions, raise your eyebrows, open your mouth wide and see how your baby responds”

  1. Warna Merah

Merah adalah warna terbaik yang dapat dikenali bayi saat berumur 3 bulan. Pada saat lahir bayi tidak mengenai warna sama sekali. Pandangan bayi hanya pola hitam putih. Bayi mulai mengenal warna dasar pada usia 4 bulan. Bayi muda hanya dapat mengenali ketebalan, warna dasar – warna terbaik adalah merah dan hijau diikuti biru dan kuning. Inilah warna terbaik yang sebaiknya dipilih untuk mainan mereka daripada warna-warna pastel.

  1. Suara Keras

Saat bayi mengembangkan syaraf motoriknya, bayi senang bermain dengan sendok dan memukulkannya ke panci sehingga menimbulkan suara bising. Bayi membutuhkan ini untuk mengembangkan kepribadiannya.

  1. Bermain Ci-Luk-Ba

Permainan ini, selain menyenangkan juga membantu bayi belajar sesuatu konsep yang penting. Saat bayi berumur 8-9 bulan, dia mengetahui ketika kita bersembunyi dibalik selimut dan bersiap untuk mengejutkan dia. Hal ini disebut pengetahuan object tetapi bayi muda tidak memahami itu. Sebelum 8 bulan, Saat anda tidak bisa ditemukan, bayi mengira anda hilang! Tetapi saat 10 bulan, dia akan mengangkat selimut tersebut dan menemukan anda atau mainan yang anda sembunyikan. Setelah itu, bisa saja bayi yang bersembunyi, menunggu ditemukan oleh orangtuanya.

  1. Berteriak!

Saat berumur 7-8 bulan, bayi suka sekali berteriak. Saat ini bayi mencoba untuk mengetahui kekuatan suaranya. Sama seperti saat-saat awal, bayi suka berteriak dan bukan menangis untuk mencari perhatian anda.

  1. Cermin

Bayi menyukai melihat bayangan mereka di cermin. Pada awalnya mereka tidak tahu bahwa yang ada di cermin adalah diri mereka sendiri. Bayi mulai memahami bayangan dirinya ada di cermin pada usia 18 bulan

  1. Anak-anak

Anak yang berumur 3-4 tahun dapat menceriakan bayi anda. Hal ini karena mereka memiliki suara yang lebih tajam, yang diingini oleh seorang bayi. Dan bayi dapat merespon candaan itu dengan bahasa yang diingini oleh mereka.

  1. Perhiasan

Perhiasan yang berkilauan sangat memancing perhatian bayi. Mereka merespon adanya hal ini saat berumur 4 bulan. Saat ini, bayi mulai untuk meraih dan menggenggam benda-benda dan memasukkannya ke dalam mulut untuk mencoba-coba.

  1. Remote Control

Remote Control juga merupakan hal yang menarik perhatian bayi saat orang tua menggunakannya untuk menyalakan tv, mengganti channel, mematikan tv, mengeraskan suara dsb. Saat berumur 18 bulan bayi mulai mengerti akan penggunaan remote control

  1. Kelitikan

Kelitikan pada bayi menciptakan perasaan kejut. Bayi mulai merespon dengan senyuman atau tertawa pada umut 4 – 6 bulan. Bayi suka sentuhan dan mendapatkan perhatian anda. Tertawa bersama menjadi cara untuk membuat ikatan kuat antara orang tua dan bayi.

  1. Kombinasi Kata-Kata Lucu

Bayi menyukai kata-kata lucu seperti okey-dokey, piggly-wiggly.. ini akan memancing perhatian bayi. Bayi mengetahui bahwa kata-kata ini hanya untuk menarik perhatian mereka..

  1. Binatang Peliharaan

Binatang memiliki dampak yang baik bagi bayi. Dengan adanya binatang peliharaan, bayi merasa aman dan baik. Bila mereka melihat sesuatu yang asing, biasanya mereka berteriak untuk memperingatkan ancaman tersebut. Binatang peliharaan jauh lebih menarik daripada sekedar permainan.

  1. Benda-benda kecil

Serpihan debu di lantai, karpet yang berlubang, sekrup, adalah benda-benda yang menarik bagi bayi. Mengapa? Karena bayi hanya bisa melihat hitam dan putih, dia memperhatikan sesuatu yang kontras dari suatu object. Hati-hati dengan adanya benda-benda kecil yang dapat melukai bayi anda.