Mendapat  kualitas  tidur  yang baik dan sehat tak hanya berdasarkan pendek atau panjangnya seseorang tidur. Melainkan aktivitas yang perlu dilakukan sebelum tidur.

Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, cobalah melakukan hal-hal ini sebelum bergegas pergi ke kasur. prioritaskan hal berikut untukddapatkan tidur yang sehat.

  1. Mandi

Suhu tubuh adalah bagian terpenting untuk menentukan kualitas tidur, menurut para ilmuan. Mandi di malam hari menggunakan air hangat dapat membantu proses tersebut. Air hangat yang memiliki efek powering down dapat membantu kita untuk merasakan relax seperti ketika kita sedang merangkak diantara seprai sebelum kita pergi tidur.

  1. Mediasi

Tenangkanlah pikiran kita dalam beberapa saat kita sedang meditasi. Praktek ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk tidur yang lebih nyenyak.

  1. Menulis

Memiliki waktu-waktu yang sulit pada hari ini? Tulislah ke dalam jurnal pribadi kita. Penelitian menunjukkan bahwa menulis sesuatu yang menekan pikiran kita dan secara fisik membantu mengeluarkannya serta membersihkan fikiran kita. TIdak hanya itu, menulis jurnal juga dapat meningkatkan kemampuan otak kita. Para ahli bahkan merekomendasikan hal ini sebagai cara untuk membantu kita tidur.

  1. Minum Air

Air putih sudah menjadi satu-satunya minuman yang dapat menyehatkan tubuh kita, cobalah meneguk segelas air putih sebelum pergi tidur. Dengan meminum air putih sebelum tidur, kita akan terbangun dalam keadaan segar karena tidak terhidrasi pada malam harinya .

  1. Sikat gigi

American dental Association merekomendasikan bahwa kita harus menyikat gigi dua kali dalam setiap harinya. Lakukanlah salah satunya pada malam hari sebelum tidur, karena jika tidak kita lakukan, plak dan bakteri akan berkembang biak dengan cepat, membuat nafas kita tidak sedap dan menempatkan posisi kesehatan mulut kita dalam bahaya.

  1. Berolahraga

Tidak hanya dengan menggerakkan kaki dapat membantu kesehatan dan sikap kita, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat membantu kita mendapatkan waktu istirahat yang lebih baik.

  1. Matikan semua perangkat elektronik

Televisi dikamar tidur adalah sebuah ide yang buruk. kebiasaan yang terlihat tidak berbahaya sebelum tidur sebenarnya akan mendatangkan malapetaka pada jam istirahat kita. Sebuah studi menunjukkan bahwa blue light yang berasal dari telepon kita, laptop, dan TV dapat mengganggu siklus tidur kita.

  1. Makan dengan Benar

Sebuah cerita lama sudah membuat kita percaya bahwa makan sebelum tidur adalah buruk bagi kita, namun yang buruk sebenarnya adalah makanan apa yang kita makan, seperti camilan. Sebenarnya, beberapa jenis makanan sebelum tidur dapat membantu kita untuk mengatur ulang gula darah kita. Cobalah makan beberapa buah sebelum tidur seperti kiwi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa buah dapat membantu menignkatkan kualitas tidur kita.

  1. Tidurlah dengan hewan Peliharaan milik Kita

Para ahli sempat menekankan bahwa tidur dengan hean peliharaan kita dapat mengganggu tidur kita. Namun, muncul penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan kita dapat membantu kita memejamkan mata lebih cepat.

  1. Pergilah tidur dalam waktu yang wajar

National Sleep Foundation merekomendasikan agar kita mendapatkan setidaknya tujuh hingga sembilan jam tidur per malamnya. Jika Kita ingin mendapatkan waktu istirahat malam yang baik, cobalah tidur pada waktu yang dapat mengoptimalkan waktu tidur kita.