(15/11/18)Muhammad Tri Ardiyanto

Manusia memiliki kelemahan dan kekurangan. Tanpa pertolongan-Nya, manusia tidak mungkin dapat berdiri dan melangkah dengan pasti. Salah satu pintu mendapat pertolongan-Nya adalah melalui doa. Doa mencitrakan ketundukan dan kepasrahan kepada Yang Maha Mengabulkan Doa. Justru ketundukan itu bukanlah kelemahan, melainkan kekuatan yang bersinar terang.

Bahkan dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

“Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR Abu Ya’la)

Mengapa doa dikatakan sebagai senjata orang mukmin? Ya, salah satu sebabnya adalah karena  bukan rahasia lagi didalam berbagai kisah di Alqur’an ataupun hadits-hadits  telah dijelaskan bahwa banyak kaum yang Allah naikkan pamornya dan jatohkan pamornya karena semua berawal dari doa.

Subhanallah, fitrah kita sendiri pun, kalau ada yang mendoakan buruk pada kita. Kita akan merasa ketakutan . Sebaliknya, apabila ada yang mendoakan kebaikan kita akan merasa senang.

Berbicara masalah doa… Pada artikel kali ini kami merangkum ceramah Ustadz Khalid Basalamah mengenai doa qurb. Apa itu doa qurb? Ya, dalam sebuah ceramahnya beliau mengatakan,”Doa qurb adalah sebagaimana di sebut oleh imam bukhori dan imam-imam ahli hadist yang lain, doa yang akan menghilangkan semua masalah yang paling berat dalam menghadapi kehidupan seseorang.”

Hafal mati doa ini, Rasulullah  menggunakan kalimat-kalimat ini sebelum berdoa, doanya adalah sebagai berikut :

Laa ilaahailallahul adziimul haliim,
Laa ilaahailallahu rabbul arsyil adziim,
Laa ilaahailallahu rabbus samaa waati wa rabbul ardhi rabbul arsyil kariim.

“Tiada tuhan yang berhak di sembah melainkan Allah dzat yang Maha Agung dan Maha Penyantun

Tiada Tuhan yang berhak di sembah melainkan Allah pemilik singgasana yang Agung

Tiada tuhan yang berhak di sembah melainkan Allah, pemilik, pencipta, pengawas seluruh apa-apa yang di langit maupun di bumi, sekaligus pencipta singgasana yang mulia”

Jadi doa ini memang dikatakan Rasulullah digunakan dalam keadaaan-keadaan kepepet. Hafalkan kalimat yang tiga ini sebelum berdoa, maka Allah akan mengeluarkan kita dari berbagai macam kesulitan dan seberat apapun insya Allah.