membuat-makanan-sendiri

Ayah ibu pasti sangat menyangi buah hati nya memperhatikan segala aspek yang di butuhkan oleh sang buah hati terutama gizi-gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati supaya nanti nya buah hati tumbuh dengan kuat,sehat dan cerdas serat dapat mengejar cita-cita nya dengan semangat..

Mungkin kita bertanya-tanya apa gizi penting untuk “BUAH HATI” supaya anak tumbuh kembang dengan kuat, sehat serta cerdas dan di mana kita bisa medapatkan gizi penting itu ???

Mari kita membahasnya bersama!

  • Asam Lemak Esensial

Dikenal sebagai lemak yang bermanfaat, EFA atau asam lemak esensial membantu mengatur sistem saraf pada anak, membentuk kekebalan dan sel, serta memperbaiki kinerja otak.

Biji gandum, kuning telur dan kenari merupakan bahan makanan penuh gizi dan kaya akan asam lemak esensial

  • Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan dalam proses penyerapan kalsium dan mineral lainnya, selain membantu proses pertumbuhan dan massa tulang.

Makanan yang mengandung vitamin D yaitu ikan salmon, tuna kaleng, jus jeruk dan kuning telur.

 

  • Magnesium

Magnesium membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, juga fungsi saraf dan otot. Nutrien ini terdapat pada bayam, roti tawar gandum, kismis, pisang dan susu coklat.

  • Zat Besi

Zat besi membentuk hemoglobin dan mioglobin yang berperan mengikat oksigen dalam darah dan menyimpannya dalam otot.

Agar terhindar dari anemia (kekurangan zat besi) anak-anak harus mengkonsumsi makanan penuh gizi dari buncis, tahu dan kismis.

 

  • Potasium

Potasium berfungsi untuk menjaga kandungan sodium dalam tubuh, dan sodium sendiri berfugsi untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia. Potasium juga berfungsi untuk mencegah osteoporosis dan batu ginjal.

Tomat, jeruk, semangka, pisang dan blewah merupakan sumber terbaik untuk nutrien ini

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan gizi penting yang dibutuhkan anak Anda. Nutrien jenis tersebut membantu perbaikan dan pembentukan jaringan, tulang dan gusi pada anak. Dengan vitamin C Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan pada anak dan mencegah infeksi.

Vitamin C terdapat dalam jeruk, anggur, pepaya, kiwi dan brokoli.

  • Vitamin A

Salah satu gizi penting untuk anak adalah Vitamin A. Vitamin ini berfungsi untuk melindungi anak Anda dari infeksi, memperbaiki penglihatan dan membangun tulang yang kuat.

Selain itu, pertumbuhan rambut, kulit dan kuku juga tergantung pada vitamin ini. Sumber terbaik vitamin A adalah wortel, mangga, telur dan susu.

  • Kalsium

Kandungan gizi ini sangat penting untuk membentuk tulang dan gigi lebih kuat, juga memperbaiki fungsi otot dan saraf. Kalsium juga berperan dalam mencegah pembekuan darah pada anak-anak.

Kalsium terdapat dalam tahu, yogurt, keju, susu, roti tawar gandum dan bayam.

  • Seng

Seng juga berperan sebagai gizi penting yang dibutuhkan anak, Seng memperbaiki metabolisme dan sistem pencernaan pada anak. Tubuh kerdil pada anak juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung seng.

Seng dapat ditemukan pada yogurt buah-buahan, dada ayam, keju, tahu dan biji-bijian.

  • Vitamin E

Selain untuk memperbaiki DNA dan daya tahan tubuh, vitamin E adalah salah satu gizi yang dibutuhkan anak-anak untuk mencegah kerusakan sel.

Nutrien ini dapat ditemukan dalam kacang, mangga dan brokoli.

Semoga artikel ini bermanpaat untuk kita semua dan semoga anak kita tumbuh kembang dengan baik dapat mengejar cita-cita nya dengan nyaman serta bermanpaat untuk orang lain, AmiiN.