Hidung tersumbat pada bayi memang bisa membuat panik dan pusing. Pasalnya, bayi hanya bisa rewel tanpa mengetahui ketidaknyamanan yang ia rasakan sendiri. Pada saat seperti inilah, Anda diharuskan tetap tenang dan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Dengan begitu ibu harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi tersumbatnya hidung pada bayi. Ada beberapa cara tradisional dan aman yang dapat ibu lakukan di rumah. Ini dia yang cara yang paling umum dilakukan ketika hidung bayi tersumbat, antara lain :

  • Hangatkan tubuh bayi

Beri kehangatan kepada bayi baik dengan didekap dengan kasih sayang, diberi selimut, menggendongnya di luar sekitar rumah agar terkena sinar matahari pagi dan bisa juga dengan memandikannya dengan air hangat. Di samping itu, matikan AC, kipas angin serta oleskan minyak telon disertai pijatan lembut di perut bayi, punggungnya serta dada.

  • Pijat lembut hidung bayi

Pijat secara lembut tepat di hidung bagian atas bayi dengan sedikit olesan minyak telon. Cara tersebut membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang menghalangi pernafasan. Pijatan tersebut usahakan dilengkapi sapu tangan lembut dan cotton bud lembab. Ingat, hati-hati dan harus benar-benar dengan cara lembut.

  • Mengatur posisi tidur bayi.

Cara ini juga membantu melegakan sistem pernafasan bayi yang sedang tersumbat. Miringkan posisi badan bayi ke kiri jika hidung yang tersumbat adalah hidung sebelah kanan dan sebaliknya miringkan posisi tidur bayi ke kanan jika hidung kiri bayi tersumbat.

  • Uap untuk hidung yang tersumbat

Pada saat seperti ini, si Kecil memerlukan udara yang lembap dan juga hangat. Anda bisa membantu si Kecil untuk menghirup uap dari sebaskom air hangat. Atau, bawa anak Anda ke dalam kamar mandi dengan keran air panas yang menyala. Sehingga si Kecil dapat menghirup uapnya.

  • Si kecil memerlukan cukup cairan

Pada saat seperti ini, si Kecil akan sangat membutuhkan cairan. Jika usia si Kecil sudah cukup untuk diberikan makanan seperti sup, berikanlah ia sup hangat untuk membuatnya merasa lebih baik. Namun, jika usia si Kecil di atas 3 bulan, Anda bisa memberikannya lebih banyak air dan jus apel.

Pada tahun-tahun pertamanya, si Kecil memang akan lebih sering atau lebih mudah terserang flu. Tapi bukan berarti Anda menganggapnya enteng. Segera periksakan si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan asal memberikan obat pilek kepadanya. Cobalah melakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumb11at pada bayi di atas guna mengurangi ketidaknyamanan yang ia rasakan.