Selama bunda hamil, organ tubuh bekerja dua kali karena sekarang bunda menopang kehamilan. maka, sering bunda hamil mengalami mudah merasa lelah, sering sakit pinggang, mudah terkena sakit kepala, pusing dan lainnya. Oleh karena itu disarankan selama kehamilan, bunda saat hamil hamil tidak melakukan kegiatan yang berlebih yang dapat membuat badan menjadi letih, memperbanyak istirahat bisa membantu bunda menjalani masa kehamilan dan untuk itu, ketika bunda hamil tetap perlu berolahraga demi lebih meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan kehamilannya. nah ini nih beberapa olahraga untuk bunda yg sedang hamil.

Jalan Kaki.

Bunda ketika hamil bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari.
Selama melakukan olahraga jalan kaki, jangan lupa selalu bawa persediaan air minum selama jalan kaki atau jangan melakukannya saat terik di siang hari. Begitu pula, hindari melakukan jalan kaki saat malam hari. Hindari pula jalan kaki dengan jalur yang menanjak.

Berenang

Berenang untuk bunda yang sedang hamil sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi bunda hamil yang over weight. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan bunda lakukan selama 30 menit dalam sehari. Gaya dada cocok dilakukan oleh bunda hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas juga hanya membutuhkan tenaga yang minim. Selain itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah.

Senam Hamil

nah kalo yang satu ini pastinya in sya Allah aman ya, bunda sudah tahu semua bahwa senam hamil yang dipimpin oleh bidan atau spesial trainer dapat membawa manfaat bagi bugarnya tubuh semasa hamil, juga janin.

 

Latihan beban

nah untuk olahraga yang satu ini bunda harus ekstra hati-hati agar tidak mengalami cedera, dan sebaiknya memang dikawal oleh trainer khusus. Lakukan latihan angkat beban yang sederhana dan yang bisa juga dilakukan dirumah. Gunakan beban maksimal setengah dari berat beban normal. Sediakan air minum selama latihan berlangsung.

Peregangan

Dengan melakukan latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh bunda dikala hamil yang diperlukan saat proses persalinan dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Latihan peregangan juga dapat membantu relaksasi ibu hamil.

Mengingatkan kembali melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum ibu hamil melakukan olahraga.

Shalat Sunnah diperbanyak

nah ini dia resep olahraga yang paling jitu dan dijamin oleh pemilik langit dan bumi, dan dipastikan semakin membuat bugar bunda, intinya hamil bukanlah menjadi alasan untuk bermalas-malasan, so tetap bergerak & aktif ya.

selamat berolahraga ya ayah bunda sahabat as shiddiq aqiqah…

wassalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh