Perlu kita sadari  sebelum Mengajak anak berpuasa adalah faktor yang menyebabkan seseorang , dalam hal ini anak, termotivasi melakukan sesuatu . Satu hal yang menyebabkan timbulnya motivasi adalah apakah sesuatu itu bermakna atau bagi anak . Untuk tujuan itu maka kita bisa memperkenalkan fadhilah bulan Ramadhan jauh – jauh hari kepada anak.

Fadhilah  bulan Ramadhan yang dapat kita kenalkan kepda anak meliputi keutamaan yang hanya bisa di temukan di bulan Ramadhan. Berikut beberapa Fadhilah yang dapat ayah bunda sampaikan kepada si kecil.

  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan

Ada dua kebahagiaan yang akan didapatkan orang yang berpuasa, yang pertama adalah kebahagiaan ketika berbuka puasa dan yang kedua adalah kebahagiaan saat bertemu dengan Allah kelak di akhirat karena puasanya.

  • Puasa adalah Perisai

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa puasa adalah perisai yang dapat melindungi kita sebagai seorang hamba dari siksa api neraka. Karena ketika kita menjalankan ibadah puasa secara tidak langsung kita belajar untuk menahan hawa nafsu kita dari melakukan maksiat dan dosa.

  • Tak Terhingganya Pahala bagi Orang yang Berpuasa

Untuk orang yang berpuasa dan beribadah di bulan Ramadan, maka Allah menjanjikan pahala yang berlipat-lipat ganda dibandingkan bulan-bulan yang lain.

  • Bau Mulut Orang yang Berpuasa Lebih Harum di Hadapan Allah daripada Bau Kasturi

Ketika berpuasa, kondisi mulut pasti akan kering dan akan menimbulkan bau yang tidak sedap di hadapan manusia. Namun, bau mulut ini dihadapan Allah lebih harum dibandinkan bau kasturi. Inilah fadhilah bulan ramadan yang begitu menakjubkan.

  • Syafaat akan Diberikan kepada Orang yang Berpuasa

Di akhirat nanti, puasa akan menjadi syafaat atau penolong kita. Karena puasa sendiri yang akan memberikan kesaksian kepada Allah mengenai ibadah puasa yang kita lakukan

  • Bagi Orang yang Berpuasa akan Disediakan Ar Rayyan

Dalam hadis Bukhari dan Muslim, dikatakan bahwa di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar Rayyan. Pada hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali orang yang berpuasa. Itulah fadhilah bulan ramadan.

  • Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa

Rasulullah menyampaikan melalui sebuah hadis akan hal ini.

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya di masa lalu pasti diampuni,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Semoga bermanfaat!