Banyak yang tidak begitu memperhatikan pentingnya mencuci tangan sebelum makan entah karena lupa atau apa, padahal hal sepele seperti ini dapat menyebabkan  hal yang tidak kita ingginkan. Pola hidup yang tidak baik ini harus di rubah sebelum terlambat. Dengan saling mengigatkan seperti  Orang tua selalu mengigatkan keluarganya untuk mencuci  tanggan sebelum makan  hal seperti ini sangat baik dan bisa menghindarkan tubuh  dari berbagai penyakit berbahaya.

Berikiut adalah berbagai  jenis bahaya akibat dari tidak mencuci tangan  sebelum makan

1.Keracunan Bakteri Salmonella

Bakteri ini bisa menyebar secara langsung dari berbagai tempat. Potensi ini juga bisa disebabkan karena makan sayuran mentah tanpa di cuci. Telur bakteri salmonella akan berpindah dari makanan atau tangan ke dalam saluran pencernaan. Bakteri ini bisa hidup dalam usus dan saluran pencernaan lain. Tanda keracunan bakteri salmonella adalah seperti diare, sakit perut, keringat dingin, mual dan muntah. Untuk mencegah agar tidak terlalu parah maka bisa meminta bantuan dokter.

  1. Keracunan Bakteri E. Colli

Keracunan bakteri E. colli juga bisa terjadi jika Anda makan tanpa mencuci tangan. Bakteri ini bisa berasal dari tempat umum seperti toilet. Misalnya jika Anda makan setelah menggunakan toilet umum tanpa mencuci tangan, maka telur bakteri E.colli bisa masuk ke saluran pencernaan secara langsung. Keracunan ini bisa menyebabkan diare yang sangat berat, kram perut, nyeri perut yang parah dan jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan gagal ginjal.

  1. Resiko Tertular Flu atau Pilek

Tertular flu atau pilek menjadi resiko yang paling sering terjadi secara umum. Penularan ini terjadi ketika Anda baru saja menggunakan fasilitas umum atau bersentuhan dengan orang lain. Kemudian ketika Anda makan secara langsung maka bisa menyebabkan virus segera berpindah tangan. Virus akan menyebar sangat cepat, tidak hanya masuk ke dalam tubuh tapi juga berpindah lewat saluran pernafasan.

  1. Tertular Penyakit Infeksi Tenggorokan

Hal ini terjadi ketika ada banyak bakteri yang sudah melekat ke tangan kemudian menyebar ke saluran pencernaan. Makanan yang masuk ke saluran tenggorokan akan berhubungan langsung dengan lendir. Kemudian bakteri akan tinggal dalam bagian lendir tersebut dan berkembang dengan pesat. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan infeksi yang lebih buruk.

  1. Infeksi Penyakit Hepatitis B

Bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan juga bisa terkena hepatitis B. Penyakit  ini akan menyerang organ hati dan menyebabkan penderita sulit untuk memiliki tubuh yang sehat. Hepatitis B termasuk jenis penyakit yang mudah menular. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah sering mencuci tangan. Mencuci tangan sebelum makan bisa menurunkan resiko hepatitis B. Virus ini bisa menyebar dengan mudah lewat udara dan makanan. Bahkan lingkungan yang buruk bisa menjadi tempat endemi hepatitis B.

        6.Diare

Orang yang tidak mencuci tangan sebelum makan juga sangat rentan terkena penyakit diare. Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri yang sebelumnya sudah ada di tangan. Kemudian akan masuk ke saluran pencernaan lewat makanan yang bersentuhan langsung dengan tangan. Perkembangan bakteri atau virus dalam saluran pencernaan bisa menyebabkan diare. Usus tidak bisa menerima bakteri tersebut sehingga membuat reaksi diare. Untuk mencegah hal yang lebih buruk sebaiknya segera kunjungi dokter Anda.

  1. Resiko Infeksi Shigellosis

Infeksi ini bisa menyebabkan penyakit shigellosis, yang merupakan infeksi akibat jenis bakteri shigela. Penyakit yang dihasilkan seperti disentri. Disentri umumnya disebabkan karena kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan. Kontaminasi bisa terjadi lewat makanan itu sendiri atau tangan yang kotor. Penyakit ini ditandai dengan demam, diare yang parah, diare bisa disertai darah dan dehidrasi.

  1. Resiko Infeksi Botulisme

Penyakit ini menular secara langsung lewat makanan dan tangan yang kotor. Ini termasuk jenis infeksi yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Infeksi juga membutuhkan perawatan yang segera untuk mengurangi potensi bahaya yang lebih buruk. Beberapa tanda infeksi ini adalah seperti diare, sakit perut, mual, muntah, demam, pandangan kabur dan hilang kesadaran.

  1. Resiko Infeksi Amoebiasis

Resiko infeksi amoebiasis adalah jenis penyakit yang bisa disebabkan karena tidak mencuci tangan sebelum makan. Penyakit ini akan menyebabkan penderita mengalami disentri. Jenis amuba penyebab infeksi ini termasuk dalam kelas Entamoeba histolitica. Infeksi ini tidak hanya menyerang pada saluran pencernaan namun juga berbagai organ lain. Karena itu infeksi ini cepat berkembang dalam tubuh dan membutuhkan perawatan darurat. Mencuci tangan sebelum makan bisa mencegah kondisi yang lebih berbahaya.

  1. Resiko Radang Pernafasan

Penyakit ini bisa menyebabkan sesak nafas, batuk, flu dan radang tenggorokan. Sumber penyebarannya bisa lewat bakteri atau virus yang masuk ke tubuh lewat makanan. Ketika bakteri atau sumber penyebab infeksi bersentuhan dengan lendir dalam tenggorokan, maka sumber infeksi akan berkembang dalam tempat itu. Kemudian akan menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan membuat penderita mudah sakit.

Sumber penyebab penyakit seperti bakteri atau virus mungkin memang tidak terlihat oleh mata secara langsung. Sumber infeksi bisa saja berasal dari makanan, lingkungan atau tangan yang kotor ketika makan. Untuk mengatasi berbagai bahaya tersebut maka biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan samapi benar-benar steril.

Jangan remehkan yaa…