664xauto-amankah-konsumsi-sushi-amankah-konsumsi-sushi-150203lPada beberapa jenis makanan, khususnya sayur, dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam kondisi masih mentah. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kandungan gizi yang utuh. Namun demikian, anda perlu mewaspadai adanya resiko gangguan kesehatan terkait dengan higienitas bila kita memakan makanan mentah.

“Ada risiko kebersihan atau keamanan makanannya. Jadi, makanan harusnya aman dulu baru berkualitas. Kualitas tidak akan ada artinya bila tidak aman,” ucap ucap ahli gizi Budi Setiawan PhD dari IPB dalam Seminar Raw Food Diet: Closer to A Healthy Life di FKM UI Depok, seperti yang dilansir Metrotvnews,

Kamu mungkin mengira bahwa semua makanan memang sewajarnya dimasak dulu sebelum bisa dimakan. Namun tak semua makanan harus dimasak, terkadang beberapa bahan makanan justru akan kehilangan gizinya jika dimasak atau terkena suhu panas.

Beberapa sayur memang bisa dimakan mentah, seperti wortel, kol, selada dan beberapa makanan lainnya. Namun ada beberapa bahan makanan yang memang tak boleh dimakan mentah, justru berbahaya untuk kesehatan. Ini 11 di antaranya.

1.Daging Mentah

Daging hewan apa pun harus dimasak hingga matang, apalagi babi. Karena tak ada yang tahu bakteri dan potensi penyakit apa saja yang dibawa hewan dalam tubuh mereka. Daging apapun harus dimasak dengan benar baru bisa dimakan.

2.Ikan mentah

Larva yang ada di dalam ikan pabila di kosumsi dia akan menempel pada diding usus sebagai peganti daging ikan tersebut untuk dijadikan tempat tinggalnya hinga ia tumbuh dewasa yang mencapai hinga 15 meter. Tida bisa dibayangkan jika ada cacing yang tinggal dalam tubuh anda dengan panjang 15 meter yang kemungkinan bisa terjadi akibatmemakan daging menta yang selama ini tidak anda sadari.

3.Kacang Merah

Kacang merah mentah mengandung protein racun yang akan hancur jika terkena suhu panas atau melalui proses masak.

4.Jamur

Jamur harus selalu dimasak karena jamur mentah mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut hingga mengganggu sistem gastrointestinal (pencernaan).

5.Almond pahit

Kacang almond ada yang berasa pahit dan ada yang manis, dan kamu tak boleh makan yang pahit dalam keadaan mentah karena mengandung hidrogen sianida yang bersifat racun dan mematikan.

6.Buah atau biji Zaitun

Buah zaitun tak bisa dimakan mentah karena mengandung senyawa oleuropein. Tak sampai membunuh sih, namun rasanya sangat pahit hingga membuat mulut mati rasa. Namun tenang saja, mungkin kamu juga tak akan bisa menemukan yang mentah di pasaran.

7.Kentang

Pastikan kamu memasak kentang hingga benar-benar matang dan empuk karena kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menimbulkan sakit perut bahkan hingga pingsan atau lumpuh tak sadarkan diri.

8.Risin atau kacang tanaman jarak

Meski mungkin tak umum dimakan, tapi jangan coba-coba memakannya mentah karena mengandung protein beracun yang mampu membunuh dengan cepat. Rasanya pun pahit, jadi kenapa harus mencobanya?

9.Talas

Makanan jenis umbi-umbian ini juga jangan dicoba makan saat mentah karena kulitnya mengandung getah kalsium oksalat yang akan membuat kulit mati rasa, gatal dan iritasi bahkan bisa mengganggu ginjal.

10.Daun pepaya

Getah daun pepaya, sama halnya seperti singkong dan almond, mengandung hidrogen sianida saat mentah. Itulah mengapa kamu harus merebusnya dulu hingga empuk, membuang airnya dan baru bisa diolah.

11.Singkong

Singkong juga harus dimasak hingga matang dan empuk seperti layaknya kentang karena singkong mentah mengandung hidrogen sianida yang mematikan. Bisa menimbulkan tak sadarkan diri karena mengganggu sirkulasi oksigen dalam tubuh

Penting untuk anda ketahui

Mengapa kita sulit menurunkan berat badan?

Karena selama ini menumpuk racun yang sudah memenuhi usus dan organ tubuh kita . Racun/toxin iinilah yang membuat metabolisme ditubuh kita menurun. Metabolisme yang merupakan kemampuan alami tubuh untuk membakar  lemak menjadi energy .Ketika metabolime kita rendah, makan apapun akan menjadi lemak bahkan minum air putih saja pun bisa jadi lemak. Mengapa bisa begitu ? itu karena racun yang menempel di usus kita.

Bagaimana cara mengatasinya?

Anda harus segera melakuakan Detoksifikasi tubuh. Sebab 80% penyakit bersumber dari usus kita , bila usus kita sudahdi perbaiki , organ penting lainnya akan mengikuti .Nah setelah itu kita imbangi degan olah raga dan mengkosumsi makanan yang sehat .Makan organic bisa menjadi salah satu solusinya .

Itu dia sekian makanan yang tak boleh sekalipun dimakan dalam keadaan mentah semoga bermanfaat untuk pola hidup anda. Jangan sekali-kali mencobanya saat mentah ya ,Mencegah lebih baik dari pada mengobati.