Bermain gahttp://www.amordemama.com/wp-content/uploads/2017/04/nios-y-redes-sociales.jpgme awalnya tidak bersifat patologis atau menggangu aktivitas sehari hari,  Tetapi bila anak sudah kecanduan dapat menggangu tumbuh kembang anak. ya awalnya mungkin sekedar hiburan, santai atau rileks dari padatnya aktvitas sekolah, namun dapat berkembang sebagai arena kompetisi atau persaingan . Persaan senang muncul dari kupusaan menaklukkan tantangan membuat anak ingin terus mengulang hingga akhirnya ia lupa waktu dan tempat karena terus berkonsentrasi pada permainan tersebut dan pada akhirnya membuat anak kecanduan.

Berikut bahaya anak yang kecanduan game:

  1. Sulit Berinteraksi Dan Berekspresi

Game membuat anak lupa akan tentang dunia nyata sehingga anak merasa asing dan sepi apa bila berada di sekolah. Berinteraksi dan berekspresi sangatlah perlu untuk masa pertumbuhan mereka. apa bila anak tidak ingin berinteraksi dan berekspresi kemungkinan hal ini di sebabkan oleh dampak game itu sendiri bagi anak.

  1. Kurangnya Konstentrasi Di Dunia Nyata

Apabila anak suda terlalu sering bermain vidio game, hal ini akan membuat anak berpikiran tentang game tersebut misalnya bagaimana cara menyelsaikan misi dalam vidio game tersebut dan bagaimana cara mengatur straegi yang pass di game tersebut. sehingga gak ini membuat anak tidak mempedulikan dunianya dan mengurai konsrentrasi bagi anak.

  1. Membuat Anak Lupa Dengan Kesehatan Fisiknya

Seperti yang sudah saya katan tadi Game Membuat anak lupa waktu, hal ini apabila jadi lama kelamaan akan membuat anak jadi terkena beberapa penyakit contohnya kesehatan mata anak, apabila anak berterlalulama berada di depan layar untuk bermain vidio gamenya hal ini membuat mata anak jadi rusak dan apabila lama ke lamaan mata anak pun harus menggunakan kacamata . dan game juga membuat tulang anak jadi membungkuk atau bahasa ilmianya Kifosis,hal ini di karenakan anak bermain vidio gamenya sambil duduk dak lama kelamaan membuat tulang anak menjadi lemah lama ke lamaan akan menjadi kebiasaan bagi anak sehingga timbulah penyakit Kifosis ini pada anak.

  1. Mengajarkan Nilai-Nilai Yang Salah Pada Anak

Banyak sekali jenis-jenis game yang digemari oleh anak-anak jaman sekarang , baik itu game asah otak, game Puzzel , Game balap dan game perang tembak tembakan . biasanya game balap dan game gangster lainnya memiliki banyak sekali nilai-nilai negatif contohnya game balap, di situ ada gambar karakter wanita yang pakaianya tidak pantas untuk dimainkian oleh anak-anak. dan satu lagi contohnya game Gangster game ini biasanya berceritakan bahwa si karakter tokoh utamanya adalah penjahat , di masa pertumbuhan ini anak mulai belajar dan suka mengikuti perilaku apa yang sering dia lihat.

  1. Game Membuat Anak Malas Mengerjakan Tugas Sekolahnya

Game membuat siapa saja yang mainnya jadi ketagihan, sehinga hal ini menjadi suatu kebiasaan . Game membuat anak menjadi orang yang malas karena game memberikan efek kecanduan bagi anak, sehingga Game Membuat Anak Menjadi Malas Mengerjakan Tugas Sekolahnya.

  1. Membuat Anak Sering Lupa Waktu

Seperti yang saya sudah jelaskan tadi game membuat anak lupa waktu di karenakan game memberika  efek kecanduan atau ingin lagi hal ini sehingga membuat anak ingin menyelsaikan game tersebut dan membuat anak lupa waktu.

  1. Memicu Masalah Emosi

Efek dari vidio game terkadang menggangu masalah emosi bagi anak contohnya anak sering marah-marah , menangis dan bahkan menyakiti dirinya sendiri . hal ini di sebabkan anak sering meniru tokoh atau karakter dalam vidio game yang dia mainkan .

  1. Bahasa Anak Terganggu

Bahasa Anak Terganggu hal ini biasanya di sebabkan oleh pengaruh dari game online, di karenakan anak bisa bebas mendengar dan membaca apa yang mereka lihat di game termasuk bahasa kotor misalnya an*ing . B*bi dan lain sebagainya.

  1. Mendorong Ketidak Jujuran

Anak yang menghabiskan uangnya di warnet untuk bermain game biasanya sering sekali berbohong pada orang tuanya . dapat di simpulkan game melatih anak untuk membuat ketigak jujuran .

  1. Menghabiskan Waktu Dan Uangnya

Biasanya anak yang hobinya main game online di warnet pasti akan menghabiskan banyak uangnya untuk membeli Focher dan membayar limit warnet tersebu , coba kita bayangkan apa bila anak dalam 1 hari bermain game di warnet selama 2 jam dan menghabiskan uang 5000 . coba kita kalikan 5000 X 30 = 150,000 dan 2 X 3 = 60 jadi kesimpulannya dalam waktu satu bulan anak menghabiskan uangnya 150 ribu rupiah dan anak menghabiskan waktunya 60 jam perbulan.

Semoga bermanfaat..