(31/7/18) Muhammad Tri Ardiyanto

Assalammualaikum, sahabat as shidiq aqiqah.

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang bingung dan bertanya-tanya.  Tatkala dihadapkan sebuah dilema ibadah qurban dan aqiqah yang berbarengan.  Sedangkan anggaran dana yang dimiliki terbatas. Misal kita hanya memiliki uang 3 juta pas. Jika kita gunakan untuk qurban maka aqiqah terbengkalai. Dan jika kurban dahulu, aqiqah terbengkalai. Oleh karena itu, manakah yang harus didahulukan? Aqiqah dahulu atau qurban dahulu?

Dalam sebuah ceramah singkat yang telah berhasil kami rangkum, Habib Novel Alaydrus (Klik Disini Untuk Melihat Sumber) mengatakan

“Pertama-tama harus diketahui bahwa aqiqah adalah ibadah yang dilakukan saat orang tua dikarunia anak putra atau putri. Maka saat memiliki putra atau putri itu disunnahkan untuk aqiqah. Yang menjadi problem bagaimana jika aqiqah berbarengan dengan qurban?”

“Maka patut diketahui bahwa aqiqah waktunya luas. Bisa laksanakan beberapa hari setelah qurban, atau beberapa minggu setelah qurban. Sedangkan Qurban waktunya terbatas, datangnya hanya setahun sekali. Sehingga banyak ulama berpendapat dahulukan qurban ” Ujar Habib Novel Alaydrus.

Jadi jangan bingung lagi ya Ayah dan Bunda mana yang harus lebih didahulukan… Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Insya Allah..