aqiqah-anak

Anak merupakan anugerah berupa harta yang tiada tara. Bagi orang tuannya, anak adalah belahan jiwa. Dalam islam terdapat cara berupa penyembelihan hewan (kambing) sebagai bentuk syukur bagi para orang tua atas kelahiran sang buah hati. Anjuran tersebut dinamakan aqiqah. Praktik jasa aqiqah pun kini semakin marak seiring dengan meningkatnya kesadaran dalam mengamalkan ajaran agama. Aqiqah ini dilakukan pada hari ketujuh kelahiran seorang anak. Hukumnya adalah sunnah mu’akkad artinya wajib bagi yang mampu melakukannya.

Tentu bagi mereka yang memiliki kelapangan rizki (berkecukupan) ingin segera melaksanakan aqiqah untuk buah hati mereka. Namun, bagi yang memiliki kondisi ekonomi yang kurang menentu, hal ini juga memengaruhi pelaksanaan anjuran aqiqah. Mereka akan terasa berat melakukan ibadah ini. Lalu bagaimana jika anak sudah baligh, apakah orang tua (ayah) masih memiliki kewajiban untuk mengaqiqahkan anaknya?

Ada sebagian ulama berpendapat apabila saat waktu dianjurkannya aqiqah (selama 7 hari kelahiran sang anak) orang tua dalam keadaan tidak mampu, maka ia tidak diwajibkan untuk aqiqah. Namun apabila ketika anak sudah dewasa (baligh) dan keadaan orang tua sudah dalam keadaan berkecukupan, maka tetap menjadi tanggungan orang tua. Sedangkan jika orang tua dalam keadaan mampu saat sang anak lahir, namun menunda mengaqiqahkan anaknya hingga anaknya dewasa, maka hendaklah anaknya tetap diaqiqahi walaupun sudah dewasa.

Waktu utama aqiqah adalah kelipatan tujuh saat anak dilahirkan, yaitu hari ke-7 kelahiran, kemudian hari ke-14, kemudian hari ke-21, setelah itu dibebaskan tanpa harus melihat hari dengan kelipatan tujuh.

Berdasarkan uraian di atas, maka tidak apa-apa jika mengaqiqahi anak saat sudah dewasa jika sang anak belum di aqiqahi saat masih kecil. Bagi anda yang ingin mengamalkan anjuran islam tersebut, tak perlu repot dengan melakukan sendiri penyembelihan kambing. Kini penyedia jasa aqiqah siap membantu memudahkan ibadah aqiqah putra/putri anda. Salah satunya Assidiq Aqiqah yang akan memberikan fasilitas jasa aqiqah dengan lebih murah dan praktis, dengan menjaga kualitas bahan baku dan tetap menjaga prinsip Syar’i.