Gaya hidup tidak sehat selama program hamil sangat membahayakan perkembangan bayi sebelum dan setelah melahirkan. Juga menghancurkan kesehatan ibu. Karena itu, penting untuk memahami manfaat pola hidup sehat selama kehamilan.

Berikut adalah manfaat dari pola hidup sehat dalam program hamil dan selama proses kehamilan:

1. Menghindari keguguran dan kelahiran prematur

Perlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin karena merokok, minum alkohol dan penyalahgunaan zat dapat menyebabkan kelahiran prematur. Namun, keguguran dan kelahiran prematur tersebut dapat dicegah dengan pola hidup sehat selama kehamilan.

2. Menyelamatkan ibu dan bayi dari infeksi

Kebiasaan yang tidak sehat seperti obat terlarang dapat mengganggu kekebalan dan memperbesar risiko terjadinya infeksi darah dan jantung, anemia, infeksi kulit, hepatitis dan penyakit menular lainnya. Terjadinya infeksi pada ibu akan ditransfer ke janin yang akan mempengaruhi perkembangannya. Menjadi sehat, jauh dari kebiasaan mengerikan dan menjaga kebersihan akan menyelamatkan ibu dan bayi dari infeksi.

3. Menurunkan risiko cacat lahir bayi baru lahir

Wanita hamil yang terbiasa minum minuman keras lebih cenderung melahirkan bayi dengan sindrom alkohol janin (FAS), suatu kondisi yang mencakup cacat yang serius seperti kelainan bentuk wajah, masalah jantung, keterbelakangan mental, berat lahir rendah dan tingkat kelahiran rendah. Menanamkan pola hidup sehat dengan tidak merokok, narkoba dan alkohol akan jauh mengurangi risiko cacat lahir.

4. Menurunkan risiko ketergantungan narkona nantinya dalam kehidupan anak

Kecanduan narkoba selama kehamilan genetik dapat mentransfer kebiasaan yang sama kepada anak. Oleh karena itu, menghindari kecanduan narkoba dapat menurunkan risiko ketergantungan narkoba nanti dalam kehidupan si anak.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!