Pada artikel sebelumnnya kita telah membahas artikel Anak sejak dari pembuahan sampai usia 3 tahun,, dan sekarang kita lanjut ke berikut nya ya itu Anak usia 4 tahun sampai dengan 10 tahun , yuk kita simak ulasannya

 Pada Anak Usia Empat sampai Sepuluh Tahun

  1. Pada saat ini orang tua hendaknya menjadi teman bagi anak, agar ia belajar dari dirinya dimana mengajari anak adalah kewajuban orang tua, Ini nasihat Nabi kepada anak kecil: “ Wahai anak kecil aku akan mengajarimu beberapa kalimat, jagalah Allah maka Allah akan menjagamu, jagalah Allah maka engkau akan menemukan-Nya dihadapanmu, jika engkau meminta maka mohonlah kepada Allah, ketailah bahwa andaikata umat berkumpul untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat kepadamu, maka mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu kecuali sesuatu itu telah ditetapkan oleh Allah untukmu, Dan andaikata mereka berkumpul untuk membahayakanmu, maka tidak akan membahayakanmu kecuali sesuatu itu telah ditetapkan oleh Allah atas kamu, pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” (HR. Turmudzi dan Ahmad).
  2. Nabi menentukan permainan untuk anak-anak kecil, nabi memberikan kebebasan dan ketetapan pada anak kecil untuk bermain dengan mainannya karena sesungguhnya anak kecil itu ingin mengembangkan daya pikirnya, meluaskan keingin tahuannya, menyibukkan panca inderanya.
  3. Nabi tidak pernah menghentikan anak-anak yang sedang bermain.
  4. Nabi melarang memisahkan anak dengan keluarganya, Nabi bersabda,” barang siapa yang memisahkan antara ibu dan anaknya, maka Allah telah memisahkan antara dia dan para kekasihnya pada hari kiamat.” (HR Turmudszi dan Ibnu Majah).
  5. Nabi saw Mengajak anak-anak untuk berahlak mulia
  6. Nabi saw minta izin kepada anak-anak bila ada kaitannya dengan hak-hak mereka.
  7. Nabi saw mengajari anak-anak untuk selalu menjaga rahasia. Dengan demikian terbangunlah rasa percaya diri, merasa dirinya dihargai sebab membawa rahasia penting.
  8. Nabi saw makan bersama anak-anak, kesempatan itu beliau gunakan untuk mengarahkan dan membernarkan kesalahan mereka
  9. Nabi saw menyuruh orang tua berbuat adil diantara anak-anaknya baik laki-laki ataupun perempuan.
  10. Nabi saw mengancam orang yang menganiaya dan akan berbuat aniaya terhadap anak yatim.
  11. Nabi saw menyuruh orang tua melarang anaknya berkeliaran bila malam telah gelap.
  12. Nabi saw mengajari shalat kepada anak, ketika berusia tujuh tahun dan memukul mereka karena meninggalkan shalat ketika berumur 10 tahun.

Semoga bermanfaat ,Baca lagi ya kelanjutannya Anak usia 10 tahun sampai dengan 14 tahun