26/04/2018 (Muhammad Tri Ardiyanto)

Assalammualaikum Ayah Bunda. Hari ini As Shiddiq Aqiqah akan membahas cara mengatasi anak yang kecanduan makanan instan. Siapa sih diantara Ayah dan Bunda yang tidak sedih bila anaknya kecanduan makanan instan? Seperti yang kita ketahui bahwa makanan instan itu mengandung banyak pengawet yang pastinya akan membawa efek buruk untuk jangka panjang.

Nah, Untuk mengatasi hal tersebut dari Ayah dan Bunda perlu tahu bahwa lidah anak saat dilahirkan tidak memiliki pengalaman rasa atau flat. Orangtuanya yang melatihnya sehingga ia paham rasa gurih,asam, asin, enak dan tidak enak. Oleh karena itu, untuk balita dianjurkan makan yang rasanya flat. Dengan memperkenalkan makanan yang tidak terlalu kuat rasanya anak tidak akan menolak makanan tertentu.

Jika anak sudah merasakan makanan instan yang mengandung MSG dan zat adiktif MSG ia akan merasakan joyful. Ia tidak memikirkan apakah makanan tersebut berbahaya atau tidak. Bergizi atau tidak. Yang penting rasanya enak di mulut mereka.

Bagaimana jika sudah terlanjur? Ayah dan Bunda bisa memodifikasi masakan dengan mensubtitusi MSG dengan rasa gurih lainnya yang lebih aman seperti keju. Lebih Bergizi dan enak!

Referensi :

Edy. 2011. Ayah Edy Menjawab. Jakarta Selatan : Noura Books.