Bagi pasangan suami istri yang yang belum mempunyai anak , ke hamilan meurpakan moment yang membahagiakan dan paling di nantikan . segala  cara di lakuakan untuk menjaga  janin  yang ada dalam kandungan agar normal  dan sehat, Mungkin si calon ibu bayi banyak mencari tau bagaimana sih ciri ciri hamil yang sehat , di artikel ini saya akan membagikan ulasanya

Tanda tanda kehamilan sehat dan normal

  1. Berat badan ibu hamil.

Dokter bisanya akan  menyarankan kenaikan berayt badan 13 hingga 15 selama wanita sedang mengandung. Tapi  apabila seorang ibu sudah mengalami kelebihan berat badan, dokter mempunyai anjuran tersendiri  pada masa kehamilan.

  1. Perut yang membesar.

Dokter idealnya akan mengukur  perut ibu hamil untuk dapat memantau perkembangan bayi  di dalam perut ibu.

  1. Tekanan darah dan kadar gula ibu hamil

Dua hal ini adalah parameter  yang penting  dalam  kehamilan yag sehat. Mungkin pada beberapa wanita ada sedikit peningkatan tekananan darah  ataupun peningkatan  kadar gula , akan tetapi hal tersebut bisa di bilang normal .Namun ynag mesti di waspadai  adalah perubahan drastic pada kedua  kondisi ini . Karena keadaan  tersebut  dapat memicu  preeclampsia  yang bisa membuat ibu hamil  harus melahirkan dini atau premature.

  1. Rahim dan plasenta

Agar janin dalam kandungan tetap aman , maka plasenta dan  juga Rahim itu sendiri harus  selalu di jaga kesehatannya . Plasenta juga harus ,elekat pada dinding  Rahim. Karen apelesenta juga biasa nya  mengarah pada terjadinya kegu_guran.

  1. Pertumbuhan janin.

Ibu hamil harus rajin dan  teratur  mamantau kondisi  bayi yang ada di dalam perutnya. Hal itu dapat dilakukan dengan pemeriksaan  USG. Apabila terdapat  tanda tanda  kekurangan oksigen dalam rahi,, kondisi itu sebaiknya  selalu I waspadai . Bisa saja hal ini  dapat membuat  fungsi plasenta terganggu sehingga ibu dan juga janin mengalami  masalah kesehatan.

  1. Kadar hor-mon

Hor-mon proges-teron wanita dapat mencapai  kadar 400 mg di masa hamil. Fungsi hor-mon ini adalah  untuk menjaga ibu hamil dari siklus haid. Sementara itu , hor-mon estro-gen juga mempunyai peran penting bagi seorang ibu hamil. Hor-mon ini berfungsi  untuk membebtuk jaringan Rahim supaya apat menampung janin di dalam perut  seorang  wanita.

  1. Pergerakan janin

Selain memeriksa ukuran perut , pergerakan janin dalam kandungan juga biasanya di periksa oleh dokter . Di antara minggu  ke 6 dan miggu ke 10 periode kehamilan , bisanya seorang ibu akan mersakan adanya pergerakan janin. Pergerkan seperti ini di anggap sebagai ciri bayi sehat  dan menerima oksigen cukup.

Itulah 7 tanda  kehamilan wanita yang normal dan sehat . Apabila anda mersakan ada hal yang tidak wajar , jangan pernah ragu  untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan ya.