Mengingat tentang keistimewaan bulan ramadhan yang peuh berkah ini , Sebagai muslim yang beriman  tentu nya tindak ingin melewatkan kesempatan untuk mendapatkan kemuliaan di bulan yang penuh rahmat ini. Di mana di bulan ramadahan ini, Semua amal sholeh yang di kerjakan akan di ganjar kan dengan pahala yang lebih oleh Allah SWT, dengan berbagai amal sholeh yang anda dapat anda amalkan , Mulai berktifitas di masjid , berbagi takjil untuk berbuka puasa, sholat tarawih , tadarus Al-Qur’an dan bayak lagi yang lain. Ini menjadikan keindahan suasana bulan ramadhan semakin tersa  di hati.

Dan dari apa yang anda lakukan  selama di bulan suci ramadhan, Tentu anda memiliki sebuah kiat untuk  menggapai keistimewaan yang terdapat di dalam nya. Sehingaa anda tidak mau melawatkan keistimewaan tersebut dengan begitu saja. Lantas apa saja keistimewaan yang ada di bulan suci  Ramdhan.. ?

Dari keterangan di atas, Bahwa di bulan suci ramadhan terdapat 7 keistimewaan yang anda ketahui, Berikut penjelasannya :

  1. Bulan Romadhon Adalah Bulan dimana Al-Qur’an diturunkan

Salah satu kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan adalah turunnya kitab suci Al-Qur’an pada bulan ini. Hal ini seperti yang difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah pada ayat ke 185 yang kurang lebih artinya :

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Inilah yang menjadi dasar kenyakinan bahwa pada bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Sungguh mulia bulan ini karena mendapatkan bulan yang paling dirindukan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

  1. Mendapatkan Pahalan Berlipat Ganda

Jadi tidak heran mengapa pada bulan ini banyak seklai orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan karena pada bulan Ramadhan segala sesuatau atau amalan yang baik yang kita lakukan akan mendapatkan pahalan puluhan kali lipat.

Hal ini mengacu kepada Hadits Nabi Muhammad yang disampaikan pada saat Khutbah di penghujung bulan Sa’ban, sebagai berikut :

“Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan.

Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).

  1. Bulan yang Penuh Dengan Keberkahan

Pada bulan ini setiap muslim yang masih belum sempurna ibdah dan ketaatannya kepada Allah bisa menjadi lebih baik dan merubah pola hidupnya. Jadi setiap muslim sudah seharusnya memanfaatkan bulan puasa ini dengan sebaik-baik amal perbuatan.

Jika ia (muslim) mengaku beriman dan melalaikan bulanpuasa maka ia sesunggunya termasuk orang yang merugi. Seperti Sabda Rasulullah SAW yang di riwayatkan olah Imam Ahmad, An-Nasa’I, dan Baihaqi, sebagai berikut :

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.

  1. Ramadhan adalah bulan pentaubatan dan pengampunan dosa

pada bulan ini mengapa kita harus selalu berlomba-lomba dalam kebaikan dan memohon ampulanlah akan dosa yang telah kita lakukan. Seperti yang di sebutkan dalam Hadits Shahih, Bukhari : “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dikarenakan iman dan ihtisab, makan Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu”

  1. Terbukanya Pintu Syurga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Saat bulan ramadhan tiba, dimana pada bulan tersebut pintu-pintu syurga di buka selebar-lebarnya, hal ini seperti sabdan Rasulullah “ Jika datang Ramadhan, makan dibukalah pintu-pintu syurga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syetan dibelenggu” HR.Muslim

Dari dalil diatas kita sudah diterangkan dengan jelas bawha ketika bulan Ramadhan tiba, maka semua pintu surga dibungan selebar-lebarnya dan semua pintu neraka di tutup, serta syetan yang dibelenggu (di ikat).

  1. Bulan Untuk Mencapai Ketakwaan

Ramadhan adalah bulan dimana dikenal juga dengan bulan puasa, karena pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Mulai dari menahan haus dan lapar hingga menahan hawa nafsu yang sifatnya memuaskan, seperti Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah 183, yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

  1. Terdapat Malam Lailatul Qadra

Pada 10 malam terakhir di bulan Ramahdan terdapat satu malam Lailatul Qadra, malam in adalah malam yang lebih baik dari 1000 malam. Dimana malam tersebut terdapat keberkahan dan kebaikan yang jika umat muslim yang medapatkan malam itu do’anya akan diijabah.

Hal ini terdapat pada surat Al-Qadr ayat 1-3, yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Itulah 7 keistimewaan tentang bulan Ramadhan, masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan di Bulan Ramahdan, jadi mari kita bersama untuk memanfaatkan momen sebaik-baiknya pada bulan Ramadhan ini.