menangani-bayi-menangis

Memiliki bayi ditengah tengah keluarga kecil memang sangat menyenangkan. Namun tidak dapat dipungkiri juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk mengatasi saat bayi dalam keadaan menagis dan rewel. Apalagi bagi orang tua baru yang belum memiliki pengalaman mengurus bayi. Yang membuatnya sulit karena bayi belum dapat menyatakan keinginannya lewat bahasa sehingga akan mengekspresikannya dengan tangis. Bagi bunda yang ingin mengetahui cara menangani bayi menangis, berikut ini tips tipsnya

Menggendong Bayi

Jika bayi menangis biasanya karena lingkungannya yang membuat stress sehingga bunda perlu untuk menggendongnya dan biarkan bayi menangis sesaat. Tunjukkan padanya rasa sayang bunda dan biarkan si kecil untuk menunjukkan emosinya. Cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dengan mainan.

Beri Empeng

Bayi memiliki insting mengisap yang kuat, sehingga alihkan perhatiannya dengan empeng ketika bayi sedang menangis dan rewel. Karena empeng dapat menenangkan bayi yang sedang rewel.

Ajak Jalan Jalan

Ketika didalam rahim, bayi terbiasa berdiam di suatu tempat. Bila si kecil menangis ajaklah dengan sesuatu yang baru seperti mengajaknya jalan jalan ke taman atau pusat perbelanjaan agar dia tidak jenuh. Dan cobalah juga menaruh di kursi goyang, ayunan, kursi mobil bergetar dan lain lain agar memberikan efek keceriaan pada bayi.

Pijat Bayi

Ingatlah kekuatan sentuhan bunda dapat membuat bayi menjadi tenang dan nyaman. Maka sekali kali cobalah untuk melepas pakaian bayi dan dan pijatlah dengan lembut dari mulai wajah, dada, punggung, lengan, sampai ke bagian kaki.

Lampin

Setelah membuatnya bergerak dan keluar dari rumah. Bunda juga harus mengembalikan bayi ke posisi asalnya. Bungkuslah bayi dengan selimut atau lampin agar ia merasa seperti didalam rahim. Karena dengan begitu membuatnya menghibur. Namun janganlah melilit dengan terlalu keras agar dia masih bisa bergerak.

Usahakan untuk selalu memberikan hal yang terbaik untuk si kecil agar bayi selalu merasakan kasih sayang dari orang tuanya. Dan jangan lupa untuk mengaqiqahkan anak Anda dengan Aqiqah yang sesuai dengan syarat islam seperti yang ditawarkan oleh Asshidiq Aqiqah. Agar bayi Anda diqiqahkan sesuai syariat islam yang berlaku.