memberikan-susu-formula-pda-bayi

Susu adalah sumber nutrisi satu satunya pada bayi mulai si bayi lahir sampai berusia 6 bulan, karena setelah 6 bulan bayi baru dapat menerima makanan padat pendamping ASI atau MPASI. Karena sebelum berusia 6 bulan si kecil hanya mendapatkan susu maka cara memberikan susu yang salah dapat berakibat buruk bagi si kecil hingga dia dewasa. Mungkin ASI merupakan makanan bayi yang paling penting dan wajib diberikan minimal hingga 6 bulan, namun bagi ibu yang memiliki masalah terdapat ASI nya maka terpaksa harus menggunakan susu formula sebagai gantinya. Susu formula tak kalah baik nya apabila diberikan sesuai aturan, yuk simak 5 aturan penting memberika susu formula untuk si kecil.

  1. Jangan paksa bayi menghabiskan

Dalam memberikan susu formula, usahakan jangan terlalu berlebih dalam mengisi botol mereka, karena bayi memiliki batasan untuk meminum susu umumnya sekitar 60 mili hingga 90 mili setiap satu sampai 3 jam setiap harinya.

  1. Teliti takaran susu formula

Setiap produk susu formula mencantumkan takaran yang sesuai untuk air dan bubuk susu pada label kemasannya, sebaiknya gunakan aturan takaran dengan benar dan jangan sampai kekurangan air karena dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi bahkan hingga diare.

  1. Perhatikan posisi bayi

Usahakan ketika meminum susu, kepala si kecil harus lebih tinggi dari badannya, hal ini menghindari bayi akan tersendak ketika sedang minum.

  1. Jangan gunakan microwave untuk memanaskan susu

Hal ini sering dianggap sepele oleh sebagian ibu, memilih jalan praktis dan lebih ekonomis sehingga susu yang sebelumnya belum habis diminum lalu dipanaskan untuk diberikan kepada si kecil. Usahakan jangan pernah di panaskan kembali apalagi menggunakan microwave karena dapat menyebabkan si kecil diare dan kembung.

  1. Pastikan dot dalam keadaan higienis

Kuman dan bakteri terdapat dimana saja termasuk bisa saja terdapat di dot si kecil, maka usahakan sebelum memberikan dot itu kepada si kecil, pastikan merebusnya dengan air mendidih sekitar 15 menit sebelum digunakan.

Sayangilah si kecil menggunakan 5 aturan penting diatas, karena bila pemberian susu formula benar maka susu formula tidak kalah kualitasnya dengan ASI. Dan agar rasa sayang Anda bertambang, jangan lupa aqiqah kan si kecil di Asshidiq Aqiqah karena akan memberikan jasa aqiqah yang sesuai dengan syarat islam dan membuat kebahagiaan si kecil menjadi lengkap.