Makan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk mendapatkan asupan yang akan di rubah menjadi  energy untuk tubuh kita sehingga kita dapat  melakukan kegiatan atau aktivitas. Idiealnya waktu makan yang teraktur adalah 3 kali sehari ya itu pagi hari, siang  hari, dan sore atau menjelang malam . Namun banyak orang  yang menyepelekan  waktu makan . Hal inilah yang akan  memunculkan  penyakit  penyakit seperti maag dan gangguan yang lainnya. Waktu makan yang tidak teratur , tentunya dapat berdampak pada jumlah asupan yang di butuhkan tubuh menjadi kurang.

Di antara waktu makan , Dari kebanyakan orang , sarapan merupakan kategori yang seing di tinggalkan   . Padahal kebutuhan  nutrisi ini sangat penting  untuk otak serta tubuh untuk melakuakan sebuah aktivitas pagi hingga siang hari . Banyak alasan sehinga seseorang meningalkan waktu untuk sarapan seperti  terburu-buru berangkat  kerja atau sekolah , timbul rasa ngantuk setelah sarapan dan lain lain. Selain sarapan , makan malam pun kadang banyak di tinggalkan  dengan alasan diet bagi sebagian orang . Padahal kebiasaan makan tidak teratur inilah yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan di antarannya :

  1. Perubahan Hormon

Makan yang tidak teratur akan membuat hormon didalam tubuh anda menjadi tidak seimbang, disaat kita melewatkan makan siang maka hormon kortisol akan meningkat sehingga hal ini bisa menyebabkan peningkatan pada berat badan.
Jika telah tiba waktu makan, maka segerahlah anda untuk makan. Karena jika anda melewatkan waktu makan siang maka akan mempengaruhi hormon yang ada didalam tubuh. Dan efeknya akan menimbulkan ketegangan pada kortisol pada tubuh anda. selain itu sering melewatkan jadwal makan juga sangat berpengaruh terhadap berat badan anda.jadi ingatlah jam dimana kamu makan atau tidak.

  1. Fluktuasi glukosa dalam tubuh

Makan tidak teratur akan sangat berpengaruh pada berat badan terlebih lagi dapat mengakibatkan penyakit diabetes jadi anda harus memperhatikan betul makanan yang anda konsumsi dan belajarlah untuk makan teratur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu makan tidak teratur dapat mempengaruhi fluktuasi dalam tubuh.

  1. Masalah pencernaan

Makan tidak teratur akan membuat anda berhadapan dengan masalah pencernaan karena makan tidak teratur dapat merusak fungsi sistem pencernaan yang tadinya sehat menjadi rusak dan susah untuk membuang air besar. Jadi makanlah 3 kali dalam sehari untuk menjaga fungsi pencernaan anda.

4. Kenaikan berat badan

Jangan berpikir jika melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan anda justru bagi anda yang sering melewatkan jam makanlah yang akan menjadi satu kekacauan baru yang mengharuskan anda untuk mengalami kenaikan berat badan.

 

  1. Mempengaruhi kebiasaan makan

Biasanya kalau sudah terbiasa dengan cara melewatkan waktu makan makan anda akan terus mengulanginya dan mengulanginya lagi.

  1. Mudah lelah

Seseorang yang membiasakan diri makan tidak teratur akan berdampak pada kebugaran tubuh. biasanya orang seperti itu akan mudah merasa lelah hal ini disebabkan oleh lambatnya sistem metabolisme dan sangat mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem tubuh sehingga berdampak pada tubuh yang terlalu mudah merasakan lelah dan capek.

  1. Komplikasi diabetes

Jika makan tidak teratur hati-hati bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes karena jika anda terbiasa melewatkan waktu makan maka akan berdampak serius pada kesehatan tubuh dan membuat penyakit diabetes anda lebih parah.

  1. Mood swing

Seringkali orang yang terbiasa melupakan waktu makannya akan terlihat mudah marah atau mood swing. Ini disebabkan mereka terlalu menunda atau melewatkan waktu makan dengan aktivitas sehingga ketika perut lapar mereka akan mudah sekali untuk marah.

  1. Penurunan kesehatan otak

Saat anda meelewatkan waktu makan atau makan tidak teratur ini dapat membakar glukosa yang ada di otak anda sehingga ini meyebabkan otak tidak berfungsi dengan baik.

  1. Makan lebih banyak

Perut yang kosong jika diisi oleh makanan yang lebih banyak tidak akan baik untuk kesehatan anda. maka dari itu hindari untuk melewatkan waktu makan karena itu hanya akan memperburuk keadaan dan sangat berdampak untuk kesehatan tubuh.

Semoga Bermanfaat!!!