10-manfaat-daging-kambing-untuk-kesehatan-3zs

Daging kambing adalah salah satu daging merah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Namun, meski lezat, banyak orang yang menghindari makan daging jenis ini karena kekhawatiran terhadap kesehatan.

Meski begitu, mengutip Health Me Up, daging kambing sebenarnya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Tentu saja jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Apa saja manfaatnya?

1. Menyehatkan jantung
Dalam 100 gram daging kambing, kurang lebih hanya memiliki 1 gram kolesterol. Ini berarti daging kambing cukup baik untuk turut serta menjaga kesehatan jantung Anda dan menghindarkan Anda dari risiko kolesterol. Daging kambing juga bisa meredakan peradangan dan mestabilkan ritme jantung serta menurunkan risiko atherosclerosis dan penyakit jantung koroner.

2. Mencegah kanker
Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, Vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Kandungan kolin dan selenium mampu menangkal kanker. Selain itu daging kambing juga nerupakan sumber asam linoleat terkonjugasi (CLA)—asam lemak ini bisa membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya.

3. Mengontrol berat badan
Kandungan Vitamin B di dalam daging kambing bisa membantu membakar lemak. Kondisi daging kambing yang mengandung jumlah protein tinggi tanpa lemak dan lemak jenuh rendah juga bisa membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

4. Mengurangi risiko bayi cacat
Daging kambing bermanfaat bagi wanita hamil karena mencegah anemia selama kehamilan di kedua ibu dan bayi berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Konsumsi daging kambing selama kehamilan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada ibu dan suplai darah ke bayi. Selain itu, daging kambing mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, seperti cacat tabung saraf, jika dikonsumsi saat hamil.

5. Mengurangi nyeri saat haid
Daging kambing membantu pemulihan zat besi di kalangan perempuan saat menstruasi dan memberikan bantuan saat nyeri haid.

6. Menjaga kesehatan kulit
Tak hanya mengandung Vitamin B, kolin, dan selenium, daging kambing juga mempunyai Vitamin B12. Dengan adanya kandungan Vitamin B12, daging kambing membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat.

7. Mencegah autisme dan mengurangi stress serta depresi
Selain untuk menjaga syaraf dan fungsi utamanya untuk mengubah energi, Vitamin B12 dalam kambing ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Kandungan ini bisa membantu mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kandungan omega-3 dan asam lemak dalam daging kambing bisa digunakan untuk pengobatan yang efektif untuk autisme.

8. Mencegah penyakit ginjal dan stroke
Kaya kalium dan rendah sodium, daging kambing bisa membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke. Selain itu, daging ini juga membantu meningkatkan metabolisme energi.

Source : http://lifestyle.sindonews.com/read/973384/155/10-manfaat-daging-kambing-untuk-kesehatan-1425713474